21/12/2010

I'm blasted by a sm*sh

Ok, how am I supposed to start it? Err, I HEART SM*SH! Pertama kali tau dari twitter dan udah lama, sekitar Oktober November gitu. Diliat account twitternya, dipikir ini boyband korea kok ada di Indonesia ya? Kenapa setiap tweet nya pake Bahasa Indonesia? Dan setelah itu, begonya, gw gak peduli. Gak nyari-nyari di youtube, gak berusaha tau tentang mereka. Gak seperti minggu-minggu ini. Oke gw tau gw telat. Tapi gw sebenernya taaaaaaaaaaaaaaauuuuuu dan gw nyesel gak nyari tau mereka pas awal-awal.



Akhirnya dicarilah di youtube. Dan pas liat MVnya....... Syit! NGAKAK SENGAKAK-NGAKAKNYA! Demi apapun itu boyband pertama yg gw tau dari Indonesia. Yang punya konsep mirip kaya boyband korea. Gw bacalah itu komen-komennya atas MV itu. Gosh, kalo gw yg ada di posisi SM*SH kali udah jeburin diri di comberan. Kejam, gak manusiawi, haha! Dan gw pikir itu MV kok sebentar bangeet ya, padahal setelah gw liat total durasinya ya standar-standar aja tiga menit lebih.

First thing, berarti mereka sukses bikin MV. Why? Ask yourself for it.

Gw puter lagi itu MV. Jujur, ngakak pas Rangga (yang gw belom tau namanya waktu itu) ngangkat ketek dan tersenyum manis. Itu siapa sih yang di tengah kok ganteng sendiri yaaa? Morgan ternyata. Tapi satu yang sekilas tuh biasa aja tapi nyantol ke hati (ceilah). Ternyata, Bisma Karisma saudara-saudara! I feel like I've known him before. But I realized sebenernya dia mirip seseorang di masa lalu gw. Curcol yuk mari.

Pas gw join fan pagenya di Facebook, kok malahan banyakan wall post anti sm*sh daripada sm*shblastnya ya? Dan satu hal yang mereka agung-agungkan: Plagiat.



Let's see. Lihat dengan mata yang jernih.

Menurut gw, ga ada yang bener-bener murni di dunia ini. Semua orang punya referensi dan inspirasi. Apa sebenernya arti plagiat? Menurut sumber ini, Plagiarisme atau sering disebut Plagiat adalah penjiplakan atau pengambilan karangan, pendapat dan sebagainya dari orang lain dan menjadikannya seolah karangan dan pendapat sendiri.

Dengan definisi di atas, menurut gw sm*sh gak bisa dibilang plagiator. Why? Bukan karena gw udah keracunan sm*sh atau apa. Tapi bersikaplah objektif. Udah jelas kan, plagiat itu adalah penjiplakan. Siapa yang pernah masuk Taman Kanak-Kanak? Pernah menjiplak gambar? Nah itu maksud gw. Jelasnya, penjiplakan itu sifatnya sama dan sangat sangat mirip. Entah garis, lingkaran, persegi, semuanya sama. Got it? Kalau mereka plagiator, coba deh kasih tau mana video yang mereka jiplak? Memang pasti ada satu dua yang mirip, dan gw mau ngejelasin kenapa dengan hal-hal yang mirip itu gw masih belom bisa bilang kalo mereka itu plagiator. Lihat lagi definisi di atas; "...menjadikannya seolah karangan dan pendapat sendiri.". Mereka baru bisa dibilang plagiat kalau mereka mengakui gerakan-gerakan yang mirip boyband korea itu adalah koreografi ciptaan mereka sendiri. Totally by themselves. Tapi tau gak sih, mereka mengakui loh kalau mereka terinspirasi dari boyband-boyband korea seperti misalnya SuJu atau DBSK. Nah.

Cukup dengan dua hal tadi dan berdasarkan definisi yang ada, gw bisa menyimpulkan bahwa mereka bukan plagiator. Mereka punya hak berkarya dan mereka punya hak mempunyai inspirasi. Boyband Indonesia bangkit lagi sekarang? So what? Kenapa harus ribut? Kita malah harus mendukung mereka biar mereka bisa berkreasi lebih dari yang sekarang dan go Internasional seperti boyband korea yang lain. Bukannya malah mencaci maki dan mengkritisi atas nama plagiat aja.

Semua orang punya hak untuk suka dan gak suka. Yang suka, dukung. Yang gak suka ya dukung juga (LOH). Ya maksudnya yang gak suka juga jangan malah ngejekin. Toh kalau mereka benar-benar plagiat (yang mana saya yakin bukan), itu kan urusan mereka dengan boyband korea yang lain?

Sementara ini ayolah kita rehat sejenak dengan lagu-lagu melayu yang sendu-sendu itu. Ada alternatif baru nih, yuk kita dukung.

Udah deh cukup. Jiwa fangirl gw lagi menggebu-gebu dan gak bisa berenti nulis kalo gak disetop hehe. Ayo kita ubah mind set dengan mata jernih. Indonesia bisa maju kalau anak negerinya juga mendukung. Hidup dunia musik Indonesia!

Salam cenat cenut!
I know you so well, sm*sh. I heart you. Bisma. HAUM! :3

4 comments:

Miyu-Ra said...

i like your post, hidup SM*SH, HIDUP BOYBAND INDONESIA

made puspa said...

Post nya keren. Mendukung banget! Salut sama mbak yg ngepost karna selalu ngambil pint yang positive.keep posting mbak :)

made puspa said...

*point

Corat-Coretan Anak Sekolah said...

izin share ya ka :)